Digital doodle

Doodle dalam versi saya adalah gambar spontan/sederhana (bukan gambar yang tergolong realistik)

Sedangkan digital doodle menurut saya adalah doodle yang dibuat dengan bantuan gadget (baik personal computer (PC) atau laptop ataupun menggunakan smartphone) baik secara keseluruhan atau sebagian

secara keseluruhan
Maksudnya gambar dibuat dengan menggabungkan beberapa bentuk dasar (lingkaran, kotak, dsb nya) sehingga membentuk gambar yang diinginkan.

Berikut contoh sederhana gambar yang saya coba bikin pakai aplikasi yang lagi booming digunakan oleh bunda Ipers (aka canva)


Sebagian
Pattern doodle dibuat secara manual di atas media kertas, lalu proses editing (baik sekedar mewarnai atau menyempurnakan gambar) dilakukan dengan bantuan gadget. Disini biasanya saya menggunakan aplikasi corel draw atau photoshop. Meskipun sebenarnya menggambar atau mengedit menggunakan PC tak melulu harus menggunakan dua aplikasi tersebut. Bisa saja kita menggunakan Microsoft word, atau aplikasi Paint yang biasanya terisntall otomatis pada PC. bedanya ada pada fitur saja :)

Dulu saya pernah menggunakan aplikasi photoshop yang cukup mudah untuk mewarnai yang bisa dipakai di smartphone. Tapi sayang hapenya rusak, dan ketika ganti, saya belum menemukan lagi aplikasi serupa yang pernah saya pakai itu (meskipun banyak aplikasi photoshop di play store, cuman masing-masing mempunyai fungsi yang beda, dan saya masih belum punya kesempatan buat ngoprek satu²) ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜ข 

Berikut saya akan memaparkan beberapa tahap editing doodle menggunakan aplikasi photoshop di PC, 
1. Ubah gambar menjadi bentuk file (bisa menggunakan kamera hape biasa, atau di scan). 
Pengalaman saya, penggunaan mesin scanner biasanya memiliki resolusi yang tinggi. Sehingga kekurangan² pada gambar biasanya akan lebih tampak jelas. Jadi penggunaan kamera hape sebenarnya lebih menguntungkan untuk menghindari hal ini. Namun, untuk dapat di edit dengan baik, gambar harus memiliki tingkat kecerahan dan kualitas yang baik). Jadi perlu diperhatikan kondisi pencahayaan dan sudut pengambilan gambar yang baik saat dilakukan pemotretan gambar. 

2. Tentukan apa yang hendak dilakukan dari gambar. Misal mewarnai saja atau menjiplak gambar. 

Mewarnai gambar

buka file gambar di aplikasi

warnai dengan tools "paint" dan sesuaian warnanya dengan tool color picker 


Menjiplak gambar





Dari gambar yang sudah dibuat bisa diperbanyak dengan meng-copy layer (klik kanan layer yang diinginkan, pilih duplicate layer). Kalau saya ini memudahkan untuk mengedit gambar satu², menyesuaikan dari segi ukuran ataupun warna. Ataupun memilih gambar mana yang ditumpang tindihkan. 

setelah ditumpuk dan membuat beberapa ornamen tambahan seperti daun atau bunga yang lebih kecil (dengan cara yang sama), atau menambahkan foto, kita bisa mengatur letak dan kompisisi gambar sesuai keinginan (ini salah satu kelebihan doodle digital menurut saya, ga kuatir salah. bisa copy paste, undo dan redo. Meskipun dalam photoshop istilah undo dan redo ini tidak ada, namun kita bisa melakukannya di tab history). berikut salah satu digital doodle yang pernah saya buat;



Mudah kan..? 

atau bingung? 


Yuk coba mulai saja, karena sebenarnya tak semembingungkan tulisan saya๐Ÿ˜‰

#catatan:
Doodle yang di warnai atau dijiplak karya blog sebelah http://griyawistara.blogspot.com. (seijin empunya tentunya :D, thnxu mbak santi :))



Comments