Tentang proyek ketahanan keluarga

#day 48

Dari awal proyek hingga hari ini, rasanya saya belum pernah bercerita tentang maksud rinci dari proyek saya.

Bismillahirrohmannirrohim, hari ini saya akan menceritakan lebih detail mengenai #Proyek2RBI #ketahanan keluarga saya ini.

Apa sih proyek ketahanan keluarga?


Di awal proyek, ketika sharing dengan suami, kami menemukan banyak kegiatan potensial yang bisa dilaksanakan dalam keluarga kami. Secara garis besar kami membagi rencana proyek kami dalam beberapa tema,
  1. Pilar ketahanan pangan, disini kami berupaya menjadi keluarga yang merdeka dan  mandiri, yang berupaya dapat mencukupi kebutuhan pangan 
  2. Pilar ketahanan pendidikan, dengan menjadi keluarga yang merdeka untuk menumbuh kembangkan potensi yang dianugerahkan Alloh kepada setiap anggota keluarga 
  3. Pilar ketahanan sandang, dengan berupaya mandiri dalam hal sandang, minimal mampu mencukupi kebutuhan sandang keluarga dengan  memanfaatkan baju² lama yang masih layak namun tidak lagi dipakai untuk di make over menjadi produk yang bermanfaat 
  4. Pilar ketahanan papan, dimana kami berupaya mampu membangun rumah yang ramah lingkungan, berkelanjutan serta bebas dari hutang dan riba, melalui project ketahanan papan
  5. Dan pada akhirnya mampu menjadi keluarga yang mampu berdaya secara finansial melalui project ketahanan finansial #pilar ketahanan finansial 

Berhubung saat proyek ini berjalan, saya punya bayi yang sedang aktif² nya, selain mengasuh duo jagoan lain yang ga kalah untuk menguras energinya, maka saya merasa saya ga akan bisa bertahan dalam satu proyek saja.

Makanya saya gabungan semua ambisi proyek kami dalam satu proyek yang kemudian diberi nama proyek ketahanan keluarga

Proyek ini merupakan mimpi saya dan suami, untuk bisa mandiri baik dari sisi finansial keluarga (suami bisa resign dini dan berkarya dari rumah), saya mampu berkarya di rumah, melatih anak-anak mandiri dan merdeka memilih ilmu yang bermanfaat bagi dirinya di dunia dan akhirat nya, dan pada akhirnya kami semua mampu berdaya di bumi dan mulia di akherat.

Aamiin.

Karena sejatinya, saat kita mendidik anak², kita sendirilah yang tengah berbenah mendidik diri sendiri menjadi lebih baik. InsyaAllah


Diproyek ini saya berupaya mengasah semua bakat yang saya rasa saya punya, dari mulai memotivasi, mendidik, mencipta, menganalisa, dan mengevaluasi. Dan hingga hari ke 48 ini, hanya pilar ketahanan sandang yang saya belum bisa melaksanakan secara optimal.
Jika Tahun ² kemarin saya bisa minimal make over baju lama jadi celana anak.... Tahun ini Alhamdulillah baby i-muth(mainnah) sedang dalam masa aktif² nya. Ini yang sering membuat saya merasa tak bisa bergerak banyak selain hanya mengikuti kemana tubuh kecilnya merangkak.

#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day48



Comments