Merdeka belajar

Hari ini, sepulang sholat duhur dari masjid, tiba-tiba hanif bercerita bagaimana biasanya memulai membaca Al fatihah ketika sholat berjamaah (tanpa basmalah)

Lalu saya pun menjelaskan tentang perbedaan pendapat ulama mengenai hal ini...

Lalu hanif membaca ayat demi ayat surat al fatihah dan meminta saya mengartikan ayat demi ayatnya..

Lalu Kami pun mentadaburi tiap maknanya...

Masya Alloh ..

Teringat beberapa tahun yang lalu saat ayah saya meminta saya untuk memondokkan hanif di usia sekolah.

Saya bersikukuh untuk berkata tidak waktu itu. Bagi saya orang tuanya lah yang pertama kali harus belajar untuk anak-anaknya. Dan ternyata ini di amini oleh hanif yang ga mau sekolah diusianya kini...

Alhamdulillah..

Dulu saya ga paham sama sekali apa itu homeschooling...

Dan kini saya memilih unschooling untuk anak-anak

Bukan tanpa alasan. Karena sejatinya anak tak pernah berhenti belajar. Saya memilih mengikuti naluri mereka saja untuk belajar. Sambil mengkontaminasi hal² baik dan menjelaskan mengapa boleh dan tidaknya suatu pekerjaan dilaksanakan.

Alhamdulillah anak-anak paham

#Ketahanan keluarga #pilar pendidikan #merdeka belajar = atur sendiri apa yang ingin dipelajari

#RuangBerkaryaIbu
#Ibu Profesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day24

Comments