Pilar ketahanan finansial #part2

Cerita hari ini masih nyambung dengan cerita hari kemarin, tentang panen ikan.

Di keluarga saya, saya berusaha menerapkan, siapa bekerja maka dia berhak mendapatkan upah dari jerih payah nya.

Pun itu untuk anak-anak

Ketika akan tidur malam, hanif pun bilang ke saya...

'bun, tadi hanif kan sudah bantuin abi panen ikan, kata abi seharusnya hanif dapat bagian dari hasil penjualan'

Ok.

Memberikan upah untuk anak ini bagi saya, ini sangat bermanfaat untuk pembelajaran anak melatih pemahaman anak mata uang dan matematika logis (bagian dari project ketahanan pendidikan keluarga).

Anak-anak pun tidak merasa terpaksa untuk belajar, karena ini untuk kebutuhan mereka sendiri.

Untuk uang yang didapatkan, saya mulai menerapkan  ke anak-anak, (hanif utamanya), untuk ikut membayar barang yang diinginkannya dengan menggunakan uangnya. Tahap awal ini anak-anak membayar 10% dari harga barang yang mereka inginkan. Tapi dapat masukan dari suami prosentase ini juga harus bertambah seiring pertambahan usia anak.

Jika target anak mukalaf pada usia 15tahun.maka diupayakan dalam 8tahun ini akan ada pertambahan jumlah prosentase beban mereka setahap demi setahap



#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day3

Comments