Membangun Pilar ketahanan pendidikan di bulan ramadhan #1

Berhubung kali besok adalah ramadhan, maka pilar yang akan saya bahas dalam beberapa hari ini adalah pilar ketahanan keluarga dalam bidang pendidikan, utamanya menyiapkan  anak tangguh menghadapi ramadhan.

Pembuka dulu..

Pengenalan puasa ramadhan untuk anak ini menurut saya, harus dibagi menjadi beberapa tahap

Bagi anak di bawah 5 tahun, menurut saya tidak ada permintaan apalagi paksaan bagi mereka untuk mengikuti ibadah puasa. Hanya benar-benar pengenalan kalau orang puasa itu tidak makan, perlu ada makan sahur dan berbuka. Diikutkan bahagianya saja mengikuti ritualnya

Hanif puasa pertama tahun kemarin, pas usianya 6tahun. Itu pun setelah saya menawarkan ke dia mau puasa atau tidak. Tahun kemarin dia berhasil puasa 15 hari. Dengan dia sendiri yang memutuskan  akan puasa atau tidak.

Tahun ini, alhamdulillah dia semakin semangat menyambut ramadhan. Beberapa hari sebelum ramadhan dia bertanya, kapan puasa,

Begitu hari ini saya bilang, nanti setelah maghrib masuk 1 syawal, dia bahagia sekali, dan memutuskan untuk ikut puasa esok hari.

Bismillah semoga istiqamah ya nak...

Selepas ashar saya bilang ke dia (lupa ngingetin), kalau nanti selepas isya akan ada sholat tarawih

Dia semangat sekali...

Sepulang sholat tarawih wajahnya masih bahagia. Dia cerita kalau pas sholat yang pertama dia ngantuk, kedua ngantuk, tapi lama-lama jadi ga ngantuk

Alhamdulillah hanif kuat mengikuti prosesi sholat isya + tarawih yang hampir 1,5 jam ini...

Masya Alloh

Barokalloh ya nak. Semoga Alloh selalu melindungi dan menjagamu

Aamiin ..

Tips dari semua hal di atas

Banyak ² ngomong, Banyak ² kasih  contoh

#RuangBerkaryaIbu
#IbuProfesional
#MandiriBerkaryaPercayaDiriTercipta
#KenaliPotensimuCiptakanRuangBerkaryamu
#Proyek2RBI
#Day5

Comments