Sisi unik dzakii

Setiap anak memiliki sisi unik sendiri

Bagi saya, setiap anak adalah bintang

Mereka bercahaya dengan sinarnya sendiri

Pun dengan dzakii

Dua tahun yang lalu, saya sempat khawatir dengan perkembangan bicaranya. Yang menurut saya ga secepat mas nya.

Pernah kepikiran untuk konsultasi ke dokter tumbuh kembang anak. Lalu saya cerita dulu dengan ibu jamaah masjid yang bekerja di rumah sakit dan memiliki anak berkebutuhan khusus.

Lalu beliaunya memanggil dzakii, dzakii menoleh dan menghampiri saya. Meski dia tidak menjawab pertanyaan ibu itu, dia masih mau datang dan tersenyum.

'insya alloh ga apa, tidak ada masalah dengan pendengarannya. Mungkin memang agak lama saja bicaranya, tunggu saja'

Begitu sarannya.


Hari berganti hari, dzakii pun mulai menampakkan perubahannya. Sedikit demi sedikit dia mulai mengeluarkan suara...

Yang jujur membuat saya kualahan dibuatnya. Satu kata, tapi jawabannya perlu beberapa kalimat panjang, sampai hilang rasa ingin tahunya.

Sampai hari ini, diusianya 4th 5 bulan

Sering dia jarang bicara jika ada orang yang bicara. Dia hanya memperhatikan dan mengkoreksi jika ada salah katanya.

Tak hanya saya, budhe dan akungnya juga  pernah dibenarkan jika ada kata yang tak tepat penggunaannya.

Seperti hari ini. Ketika budhe bertanya kepada dia tentang pengalamannya kemping kemarin,
'di dalam,  besar ya ki tendanya? '

'Didalam tendanya, luas budhe tempatnya'

Atau beberapa waktu yang lalu saat saya bilang,
'wah anak bunda semua belajar, mas hanif belajar menggambar, dzakii membaca, dan dik imut ngorat ngarit (berantakin)  mainan'

Kata dzakii ..
Dik imut keluarin mainan bunda

Jawabnya kalem

Heheh.... Bundanya tutup muka
Isin rek...

Menurut saya, ngomongnya dzakii lama Karena dia berusaha menyusun kata menjadi kalimat yang tepat.

Pun ketika saudaranya yang lain murojaah mandiri ayat yang di hafal. Dzakii jarang sekali terlibat.

Sampai usia ini baru al fatehah yang dihafalnya dengan baik. Tapi pengucapannya...

Masya Alloh dia benar-benar berusaha meletakkan setiap katanya dengan baik.

Barokalloh nak, semoga Alloh selalu menjaga dan memudahkan setiap langkah kakimu pada kebaikan.

Aamiin
...

#catatan bunda tentang dzakii

Comments