Sex atau gender

Diskusi materi pentingnya Menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak yang dibahas oleh kelompok 3 kelas bunda sayang IIP MR jatimsel malam ini adalah mengupas tentang perbedaan makna antara sex dan gender dan apa pentingnya memahami perbedaan makna ini

Diawali sharing ilmunya, mbak ismi dan kawan² menampilkan serangkaian foto anak-anak yang sedang beraktivitas. Ada anak laki-laki yang mencuci, memasak atau menyetrika bajunya, atau anak perempuan yang bermain sepeda.



Begitulah kalimat pancingan awalnya.

Sex adalah gift - anugerah dari Alloh yang tidak bisa diubah. Dan gender adalah peran fungsi, dan tanggungjawab antara laki-laki dan perempuan yang dapat dipergunakan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan di dalam keluarga. Sebagaimana yang pernah dicantumkan rasulullah, beliau menjahit pakaiannya sendiri.

Menjahit pada umumnya adalah pekerjaan wanita. Namun dalam hal ini rasulullah melakukannya. Jadi didalam islam pun boleh melakukan pertukaran gender. Yang tidak boleh dilakukan adalah melakukan pertukaran sex, atau kelamin.

Maka kita sangat perlu pengayaan wawasan anak terkait sex dan gender ini.

Pertanyaan menarik dari bunda santi dan nisa yang serupa, yaitu tentang Bagaimana pandangan ttg "kesetaraan gender"? atau emansipasi?

Runtut sekali bunda lucky menjawabnya, diawali dengan menceritakan bagaimana awalnya ideologi emansipasi ini muncul, bunda lucky menjelaskan,
kata emansipasi sebenarnya baru muncul abad ke 19 karena adanya ketidakpuasan kondisi kaum wanita yang dianggap sebagai makhluk nomor 2,  yang sebenarnya inipun tidak terjadi diseluruh dunia, tapi terjadi dibarat dan selain dunia islam (red kekhilafahan masa itu)
Kenapa ini tidak terjadi didunia islam, karena islam memiliki pandangan dan aturan yang khusus tentang bagaimana memperlakukan laki-laki dan perempuan yang tidak bertentangan dengan fitrahnya ketika dia dilahirkan
dari sini dapat dilihat, bahwa tumbuhnya"kesetaraan gender" berasal dari gugatan atas kedzoliman yang terjadi di eropa masa itu.
ketika semua sudah terlaksana sebagaimana fitrahnya, insyallah kebaikanlah yang akan terjadi. bukan kerusakan.
Well done, mantap sekali penjelasan bunda lucky. 

Ah.. Serunya belajar metode learning by teaching ini, satu tema beragam rasa.. 

Tak sabar menanti materi esok hari❤️๐Ÿ˜

Comments