Pentingkah Menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak

Hari kedua learning by sharing tentang pentingnya Menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak oleh kelompok ke dua yang digawangi oleh mbak kiki, dkk di kelas bunda sayang IIP MR jatimsel.
Untuk kedua kalinya saya bergerak kagum atas semangat para bunda dikelas kami. 

Meski dengan topik yang sama, para bunda ini mampu memberikan ilmu baru yang membuat kami tidak ngantuk mengikuti materi yang disampaikan. (materi disampaikan jam 1 siang ini)

Komentar mbak ismi tentang diskusi ini,
Manteb, padat bergizi kelompok 2 Sampai bingung mau nanya apa. Kepinginnya denger cerita lanjutan sikap anak gadis terhadap ayahnya itu di kisah 3 Dan tentang anak di pondokan yang mimpi basah sebelum dijelaskan oleh ayahnya tentang hal itu?

Apa yang terjadi setelahnya?

Tanyanya penasaran membaca informasi yang diberikan

Namun ada satu hal yang membuat saya perlu memperjelas informasi yang diberikan dalam diskusi kali ini, tentang pernyataan

mengenalkan anak tentang haid dan mimpi basah di usia 10-12 tahun. Tidak terlambat kah? Mengingat beberapa anak ada lho yang mendapatkan haidnya di usia 9 tahun

Penjelasan bunda kiki tentang hal ini, menurut beliau referensi mengenalkan anak tentang haid dan mimpi basah ini didapatkannya dari  buku bunda sayang bab 11.
Mgkn berkaitan dgn kematangan anak menerima beban syariat spt perintah untuk sholat saat usia 10th.
Tp sy stuju untk disinggung mndekati usia itu (mendekati yah, bukan jah dr usia tsb krn mempertimbangkan daya pikir anak), jika dirasa orgtua mnyadari anak akan baligh lebih cepat..

Lanjutnya menjelaskan pendapatnya tentang hal ini

Namun hal yang menggelitik otak saya lagi,
bagaimana tolak ukur kematangan anak akan baligh? #kegalauan saya yang punya anak memasuki usia tamyis

Jawaban bunda rahim, terkait pengalaman beliau dalam mengasuh buah hatinya,
saya pribadi memulai mengenalkan tentang haid dan mimpi basah di saat anak² kelas 4 sd .. krn saat itu putri saya sdh mulai tampak ada perubahan dari dirinya terutama dadanya yg mulai terlihat besar sementara itu di sekolah dia dan kakaknya sdh mulai mendapat penjelasan tentang haid dan mimpi basah dr gurunya, rupanya temannya sdh ada yg mendapatkan haid
waktu itu mereka berusia 9/10 thn
jadi ketika mereka menceritakan ke saya tentang penjelasan gurunya, sekalian saya jelaskan juga sebatas yg saya tahu saat itu

Dan penjelasan dari bunda kiki, mengenai tolok ukur anak usia baligh ini adalah, 
Sebelum baligh yg berarti berfungsinya tanda seks kelamin primer, biasany diawali dgn munculny tanda seks kelamin sekunder.  Spt rambut pubis dan ketiak, dan munculnya payudara awal

Done...

Bravo untuk kelompok dua

Alhamdulillah... Mantap benar ilmu yang saya dapat hari ini. Masih saya tidak sabar menunggu kejutan ilmu apa lagi yang saya dapatkan hari esok.

Comments