Mengenalkan anak tentang batasan

Sentuhan boleh... Sentuhan boleh
Kepala,  tangan,  kaki
Karena sayang karena sayang karena sayang
Sentuhan tak boleh, sentuhan tak boleh
Yang tertutup baju dalam
Hanya diriku, hanya diriku, yang boleh menyentuhnya
...
Setelah 11 hari saya menuliskan tentang kegiatan belajar - learning by teaching di kelas bunda sayang IIP MR jatimsel, maka hari ini saya mencoba menuliskan kegiatan sex edukasi yang saya lakukan untuk anak-anak di rumah.

Hari ini saya mulai kegiatan sex edukasi untuk anak-anak dengan mendengarkan lagu di atas.

Lagu itu saya gunakan untuk mengawali mengajarkan pada anak tentang sentuhan mana yang boleh disentuh orang lain dan mana yang tidak boleh.


Ah... Namanya juga anak², dzakii lebih exciting pada lagunya, apalagi ketika ada kata 'tidaaak'  dia senang sekali.

Hanif bertanya, apa itu 'diriku'?

Hmmm... Rupanya kita hampir tidak pernah menggunakan kosa kata ini.

Setelah mendengarkan dan mengikuti lagunya, maka sayapun menjelaskan bagian tubuh mana yang boleh dan tidak boleh disentuh orang lain.
Semoga anak-anak cukup paham dengan penjelasan saya

Comments