Membangkitkan seksualitas anak

Dengan metode learning by teaching di materi pentingnya Menumbuhkan fitrah seksualitas pada anak ini, serasa saya dapat ilmu setiap hari.

Hari ini giliran kelompok 9 yang presentasi. Ummu Musa yang berbuat dengan bunda Oni menyajikan materi yang kurang lebih sama dengan materi yang sebelumnya, namun terasa lebih berisi lagi.

Diawal presentasinya, ummu musa dan bunda Oni menganalogikan, jika mesin yang dibuat manusia saja butuh petunjuk pengoperasian dan penggunaan, bagaimana dengan manusia❓

Alloh pencipta manusia tentunya tidak akan lupa membuat petunjuk operasional buat manusia, dan itu telah Alloh tuliskan lengkap didalam al Quran.

Termasuk tentang petunjuk mendidik anak, semua sudah all in one termaktub di dalam Al Quran.

Pendidikan Sex, adalah upaya pengajaran, penyadaran dan penjelasan tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan sex, naluri dan perkawinan.

  • Media penyadaran
  •  Anak ketika sudah besar disadarkan akan bahayanya sarana perusak yang terdiri atas seks,bioskop,radio,mode,program televis&tempat-tempat prostitusi terselubung dan terang-terangan.
  • Metode peringatan
  •  Metode peringatan ini dapat mengarahkan dan menyadarkan anak-anak dan merupakan media positif paling besar dalam menahan anak dari mengerjakan yang haram dan mencegahnya dari melakukan kekejian.
  • Media pengikatanT
  • Tugas orangtua sebagai pendidik adalah mengikat anak dengan ikatan aqidah,ibadah,pembimbing,sahabat yang saleh,keagungan dan biografi para nabi,sahabat serta orang-orang saleh.
  • Jika seorang anak di didik dalam keimanan kepada Alloh,ia senantiasa merasa diawasi oleh Alloh,baik disaat sembunyi ataupun terang-terangan dan merasa takut setiap saat.


Fase anak dalam islam,

  • Fase tamyiz/pra pubertas (usia 7 -  10 th),  dalam masa ini anak diajari untuk membiasakan diri menundukkan pandangan dan meminta ijin dalam 3 waktu (sebelum fajar, waktu siang (tengah hari)  dan setelah sholat isya. 
  • Fase murahaqah (pubertas), dalam usia ini Anak dijauhkan dari segala sesuatu yang merangsang seksualitas (memisahkan tempat tidur abi) 
  • Fase butuh/adolescenss,(14-16 tahun)  anak diajari etika berhubungan suami istri, jika sudah siap menikah. 
  • Fase Mukalaf (>16 tahun) ,anak diajari adab menjaga kehormatan apabila anak belum siap menikah.

Di sesi tanya jawab, bunda lulu bertanya terkait faedah tidur miring kiri/kanan sebagaimana yang disampaikan pada materi.

Jawaban ummu musa terkait hal ini adalah,
Pertama hal ini termasuk sunnah yang di ajarkan oleh nabi kita. Terkadang kita belum bisa menemukan faedah didalam sunnah, namun ajaran rosul saw adalah Wahyu. Insyaallah cara tidur itulah yang terbaik
Yang kedua, Insyaallah dalam ilmu kedokteran tidur model begini untuk menguatkan jantung umm.
Dan yang ketiga, Cara tidur terlentang, jika perempuan, kadang-kadang kalo tidak sengaja di lihat laki-laki, bisa menyebabkan timbulnya nafsu.
Wallahu a'lam

Sedangkan bunda ismi, bertanya apakah sesama anak lelaki yang sudah puber, juga perlu dipisah tempat tidurnya?

Jawaban ummu musa terkait hal ini adalah,
Untuk perintah di pisahkan tempat tidurnya berlaku untuk laki-laki dan perempuan, dan juga sesama anak laki-laki. Bedakan tempat tidur sejak usia 10 th.
(Buku islamic parenting hal 145)
Bisa juga pake tempat tidur tingkat,  agar ngirit tempat

Alhamdulillah alla kulli hal
Bertambah lagi ilmu hari ini.
Semoga barokah ilmunya
Aamiinn




Comments