mari berkisah#6

hari ke enam



menjelang tidur, hanif menyodorkan sebuah buku cerita kepada saya...

membukanya pas di halaman yang ingin dia dengarkan ceritanya

karena sudah sering membacakannya, dan sering saya malas/tidak bisa memegang bukunya, maka sayapun jarang membaca sesuai teks bukunya. 

dengan improvisasi penekanan suara dan mimik, anak - anak biasanya lebih tertarik untuk mendengarkan cerita

di awal cerita, biasanya saya mengajukan beberapa pertanyaan ke anak-anak dahulu untuk melihat seberapa jauh ingatan mereka tentang kisah yang akan dibaca. dan sering akhirnya kami pun tidak hanya membaca cerita yang ingin dibaca di awal, karena ditengah - tengah pertanyaan mereka menyebut nama seorang nabi dan mereka pun ingin membahas lebih jauh tentang nabi tersebut.


untuk referensi kisah para nabi ini, saya lebih suka menggunakan buku kisah para nabi yang ditulis ibnu katsir. didalam buku tersebut dijelaskan tentang kisah - kisah israiliyat yang tidak bisa sepenuhnya dipegang kebenarannya namun juga tidak bisa sepenuhnya diabaikan kebenarannya.

membaca buku ini bagi saya seperti menonton film - film dewa  dewi jaman  yunani kuno. 
dan dari buku ini, saya pun bisa banyak mendongengkan kisah - kisah inspiratif untuk anak - anak


Comments