menabung yuuuk.. #part1

Alhamdulillah...kelas bunda sayang sudah sampai ke materi 'Mendidik Anak Cerdas Finansial Sejak Dini'

Apa itu cerdas finansial?

Menurut para ahli cerdas finansial adalah kemampuan seseorang untuk mendapatkan dan mengelola keuangan.

Apabila disesuaikan dengan konsep di Ibu Profesional bahwa uang adalah bagian kecil dari rejeki, sehingga dengan belajar mengelola uang artinya kita belajar  bertanggungjawab terhadap bagian  rejeki yang kita  dapatkan di dalam kehidupan ini.

Apa pentingnya cerdas finansial ini bagi anak-anak?

Di dalam Ibu Profesional kita memahami satu prinsip dasar dalam hal rejeki yaitu:

Rejeki itu pasti, kemuliaanlah yang harus dicari

Ketika anak sudah paham konsep dirinya, maka kita perlu menstimulus kecerdasan finansialnya agar Kemuliaan anak meningkat dengan cara :
a. Anak paham konsep harta, bagaimana memperolehnya dan memanfaatkannya sesuai dengan kewajiban agama atas harta tersebut.
b. Anak bertanggungjawab atas pengelolaan keuangan sendiri.
c. Anak terbiasa merencanakan (membuat budget) berdasarkan skala prioritas.
d. Anak bisa membedakan antara kebutuhan dan keinginan.
e. Anak memiliki rasa percaya diri dengan pilihan "gaya hidup" sesuai dengan fitrahnya, tidak terpengaruh dengan gaya hidup orang lain.
f. Anak paham dan punya pilihan hidup untuk menjadi employee, self employee, bussiness owner atau investor.

selesai materi.... seperti biasa, lanjut ke #Tantangan 10 Hari

dalam tantangan mendidik anak cerdas finansial sejak dini ini, kita para bunda perlu memahamkan anak-anak bahwa uang adalah bagian kecil dari rejeki. dan belajar tentang pengelolaan uang, membaginya kepada yang berhak, membedakan keinginan serta kebutuhan.

dan sebelum memahamkan ke anak,
I MUST CHANGE FIRST

Apabila kita menginginkan perubahan maka mulailah dari diri kita terlebih dahulu,  agar mampu memandu kecerdasan finansial anak-anak sesuai tahapan umurnya.

istilahnya bertumbuh bersama anak dengan menjadi teladan, sehingga anak ikut belajar mengelola uang dan bertanggungjawab terhadap bagian rejeki yang didapatkan di dalam kehidupan ini.

*********

after all...
apa yang sudah saya laksanakan hari ini bersama anak-anak....

Anak-anak, masuk dalam kategori <7tahun, yang artinya tantangan yang dilaksanakan adalah 'proyek pengenalan menabung'

💰Menabung💰

Menabung atau konsep menyimpan uang ini, sudah saya kenalkan ke anak-anak beberapa waktu yang lalu, ketika mereka mendapatkan uang dari "salam tempel".

pada waktu itu, saya hanya ingin memahamkan ke anak, bahwa uang ini adalah uang mereka yang penggunaannya harus terkontrol (mereka tau bahwa mereka punya uang, uang bisa habis maka penggunaannya harus dipikirkan pada barang yang benar benar diinginkan).

tapi saya sering tidak tega untuk meminta anak anak untuk menggunakan uangnya sendiri jika menginginkan sesuatu. karena anak anak sebenarnya sangat jarang meminta sesuatu (mainan atau sekedar jajan harian).

Namun terkadang anak-anak sendiri yang meminta untuk menggunakan uang tersebut, seperti untuk memperbaiki sepeda dzakii beberapa hari yang lalu. dan sayapun mencatatkan pengeluaran yang dilakukan ini.

hingga beberapa hari kemarin, ada  suatu kejadian yang membuat anak-anak ketagihan untuk membeli mainan. jika saya amati, sebenarnya bukan mainannya yang mereka sangat inginkan, tapi aktivitas membelinya.

maka sayapun membuat aturan baru untuk anak-anak. boleh beli mainan, tapi dengan uang mereka sendiri (uang yang dihasilkan dari usahanya sendiri).

Banyak hal yang bisa mereka lakukan untuk itu, misal dengan membuat prakarya sederhana atau membantu orang lain bekerja (seperti membantu akung nya memotong pohon pisang yang sudah tidak produktif di kebun kemarin)

ketika akan membantu akung, hanif bertanya, 'bunda, kalau hanif bantuin akung, hanif dapat uang?'
'iya, nanti hanif bunda kasih 5000 ya... '
' ga mau, hanif maunya 5000 ditambah 2000'
'hmmm...kok banyak, 5000 +2000=7000. salah satu saja... 5000 saja ya... '
' nggak, hanif maunya yang 2000 saja'

heee.... hanif memang masih belum paham konsep nilai uang. bahkan pernah ketika saya menjelaskan fungsi uang sebagai alat tukar, dia malah marah.  dia ga mau kalau uang miliknya jadi milik orang lain, meskipun dia sudah mendapatkan apa yang diinginkan dengan uang itu... 😌😅

ah ya sudah lah... saya pun tak memaksanya untuk paham hari itu.

dan hari ini, ketika hanif teringat akan mainan yang dia inginkan, saya bertanya 'Hanif ga mau nambah tabungan nya.?'  jawab nya tidak.

ah ya sudahlah... tak harus memaksa dia untuk punya uang banyak juga kan.. 😀

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments