menabung yuuuk.... #part 9

kerja

pagi ini hanif pulang dari kebun. dengan semangat dia bercerita...

'bunda...hanif tadi habis bantuin mbah kung.. '
' iya... bantuin apa? '
' batuin bersihin kebun... hanif cuaapek bunda. tapi hanif seneng.. '
' hanif mau dapat uang ga dari bantuin akung hari ini? '
' nggak... hanif maunya kerja tok tapi ga dapat uang, hanif laper sekarang, habis maem hanif mau bantuin mbah kung lagi '

....

mencatat pengeluaran

salah satu cara yang saya lakukan dalam mendidik cerdas finansial pada anak adalah memberikan contoh dalam mencatat segala bentuk pengeluaran yang sudah dilakukan.

sesuai janji kemarin sore,  hari ini saya mengajak anak anak ke pasar untuk membelikan permintaan dzakii kemarin dan membeli beberapa kebutuhan harian.

sepulang dari pasar saya mengajak hanif untuk mengingat kembali barang apa yang sudah dibeli kemudian saya mencatat pengeluaran yang sudah dilakukan.

alhamdulillah kebiasaan mencatat pengeluaran ini sudah menjadi kebiasaan rutin saya beberapa tahun terakhir, dan semenjak mengikuti kelas matrikulasi, pencatatan yang saya lakukan lebih tertata. #ibumanajerkeuangankeluarga

Semoga apa yg saya lakukan ini, terekam dengan baik diingatannya dan bisa dicontohnya suatu hari nanti.

pasaran

permainan yang biasa anak - anak lakukan, yang tanpa sadar sepertinya mendidik anak-anak untuk belajar cerdas finansial.

biasanya salah satu dari anak anak saya akan berteriak 'beli beli beli...' ketika memiliki 'karya' baru.

Seperti yang dilakukan dzakii kali ini. dia teriak 'beli beli beli... bunda mau beli?'
'dzakii jualan apa?'
'jual jus' *sambil menyodorkan sebuah gelas berisi potongan kertas lipat warna hijau
'jus apa ini? '
' jus strawberry '
' kok hijau? '
' eh apel ding'
'hooo... sudah pake gula apa belum? '
' oh iya belum... ', dzakii pun menambahkan gula dengan caranya sendiri
' sudah', iya menyodorkan gelasnya ke saya
'berapa harganya? '
' lima ratus'
'waah.. bunda ga punya uang lima ratus '
' dua ratus saja wes'
ah baiknya anak bunda...

tapi e tapi...

bunda belum bayar tadi...

astagfirullah

#maaf ya nak....
terkadang dengan menuliskannya lagi, kita mengingat apa yang belum dilakukan. insyaAllah bunda bayar esok pagi (*ketiknya ketika anak sudah tidur)

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8.9
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments