menabung yuuuk... #part 2

memasuki hari kedua dalam melaksanakan tantangan 10hari mendidik anak cerdas finansial,  qadarulloh si kecil hanifa demam, perhatian saya cukup banyak tersita untuk si kecil ini.

alhamdulillah dapat kiriman video dari abinya anak anak tentang jembatan suramadu.

Ketika hanifa sudah cukup tenang, saya pun bisa menemani anak anak menonton video durasi satu menit kiriman dari suami ini.

banyak yang bisa dipelajari dari video singkat ini, dimana letaknya, apa itu selat,  bagaimana dulu orang harus melewati selat sebelum ada  jembatan, hingga akhirnya keinginan dzakii, 4yo untuk bisa pergi melewati jembatan suramadu itu dan pulang naik kapal ferry..

sambil tersenyum dan berfikir kesempatan nih buat mensugesti anak" untuk mau menabung nih,

saya jawab 'insya alloh...,  makanya nabung lagi yuk...'
'iya... dzakii mau nabung '
' apa yang ditabung? '
' uang'
'dari mana dapat uang.? '
' dariii...... kerja'

iya....

Seperti yang saya sampaikan di post sebelumnya, saya mensugesti anak" untuk mendapatkan uang mereka harus bekerja. hal ini untuk menetralisir anggapan mereka waktu hari raya idul fitri kemarin, mereka mendapatkan uang dari tetangga dan kerabat saat berkunjung.

saat itu mereka tanya, kenapa dapat uang (ini memang pengalaman pertama mereka berkunjung ke tetangga dan mendapatkan uang), enak ya main dapat uang..., bisa minta uang ke tetangga...

eh...

maka dari itu, saya menjelaskan ke anak-anak, hal yang seperti ini bukan untuk dijadikan kebiasaan. untuk dapat uang mereka harus bekerja (menjual jasa atau barang)

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8.2
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments