menabung yuuuk.... #part 10

utang

gegara punya utang dengan dzakii kemarin, maka obrolan di rumah hari ini banyak membahas tentang utang. 

mengenalkan istilah istilah yang ada didalam kegiatan pengelolaan uang,
untuk menambah wawasan anak yang punya cita - cita ingin menjadi pedagang.

mulanya saya ingatkan ke Dzakii tentang utang saya kepadanya kemarin, dzakii bingung...

'apa itu utang?'

lalu saya pun bercerita   tentang permainan jualan yang dia lakukan kemarin,dan saya belum membayar seharga yang dia sebutkan. karena saya belum membayarnya berarti saya punya utang ke dia.

aaah.... dzakii hanya semangat menceritakan kegiatan jual belinya itu lagi, tapi dia tidak peduli dengan uang yang seharusnya ia terima 😁

arisan

Ngobrol dengan suami tentang arisan,

saya teringat kajian tentang arisan yang disampaikan oleh ustad khalid basmalah via YouTube yang saya tonton beberapa hari sebelumnya. beliau mewasiatkan yang intinya jauhi utang, jangan membuka pintu - pintu utang dan arisan salah satu pintu utang yang lain.

ketika mendengarkan obrolan ini, hanif yang saat saya menjelaskan utang ke Dzakii tidak ada, tambah penasaran apa itu arisan, apa itu utang...

awalnya saya menjelaskan utang adalah pinjaman uang.  saya memberikan contoh utang yang tidak diperbolehkan, karena diawal seseorang meminjam uang berniat tidak untuk mengembalikan, atau meminjam uang, padahal dia sendiri punya uang (dikhawatirkan akan membebani ahli waris apabila utang belum terbayar dan yang berutang meninggal) ..

hihi... hanif bingung..

trus di analogkan dengan sepedanya yang dipinjam, padahal orang yang meminjam juga punya sepeda. ia meminjam karena takut sepedanya rusak, makanya dia pinjam punya orang

hahhaha... langsung paham dia

#contoh konkret saja menjelaskannya bunda...

#belajar mengenalkan istilah istilah di dunia per-uang-an

#KuliahBunsayIIP
#Tantangan10Hari
#Level8.10
#RejekiItuPastiKemuliaanHarusDicari
#CerdasFinansial

Comments