keluarga bintang #6

Membersamai tumbuh kembang anak-anak...

masya Alloh aktifnya anak", yang untuk saat ini Saya masih belum bisa mengimbangi aktifitas fisik mereka.karena ada si kecil hanifa (1mo) yang lebih banyak meminta perhatian saya.

Namun saya selalu berusaha agar anak" selalu dalam kegiatan yang positif, dari sekedar permainan yang bisa dilakukan di dalam ruangan (mengerjakan worksheets, bermain balok/lego, mengambar, permainan imajinatif (menjadikan kasur menjadi mobil, perahu, atau rumah). atau permainan diluar ruangan, seperti bersepeda,  main tanah/air, bermain api ditungku, memanjat pohon, atau memainkan peralatan pertukangan milik akung. 

Seperti yang dilakukan dzakii saat saya sedang bisa membersamai nya waktu memainkan peralatan pertukangan akung. ternyata Dia sedang menganalisa fungsi peralatan sesuai dengan bentuknya rupanya dengan sesekali dia mencoba mempraktekan penggunaan alatnya. *fitrah belajar.  kemudian dia akan menceritakan kepada saya fungsi alat sesuai dengan analisanya

ranah intra dan inter personal;
Dzakii 4yo, mau mandi dan BAK sendiri, mengutarakan dengan baik ketika dia menginginkan menggunakan bak mandi adiknya untuk mandi

Hanif 6,5yo, membereskan piring selesai makan dan pakaian setelah mandi.
meminta ijin saat akan keluar rumah untuk naik sepeda atau ke rumah tetangga.

ranah change factor dan spiritual ;
hari ini saya bercerita tentang rencana takmir masjid tentang pembelian sapi untu hari raya idul adha.  anak" antusias sekali. ketika saya bertanya kisah apa dibalik perayaan idul adha mereka pun masih ingat kisah nabi Ibrahim dan ismail.

merekapun kemudian mengaitkan hari raya idul adha ini dengan hari raya idul fitri yang  lalu,  dan rencana kegiatan penyembelihan qurban ini dengan penyembelihan kambing untuk aqiqah adiknya beberapa waktu yang lalu.

#tantangan10hari
#level7. 6
#kuliahbunsayIIP
#bintangkeluarga

Comments