aliran rasa ramadhan 1438H

Lately post...

Sudah hari ke 8 syawal



Semoga Alloh azza wa jalla menerima amal ibadah kita selama bulan ramadhan kemaren.

ah.........rencana bikin jurnal puasa ramadhan hanif harus terhenti di hari ke 4
tidak ada hape, tidak ada sinyal dan kondisi bumil yang memang juga harus legowo menerima keadaan.

after all....
alhamdulillah hanif bisa menjalankan puasa ramadhan pertamanya selama 15hari (hari ke 8 ramadhan dia demam, dan butuh sekitar seminggu untuk masa pemulihan)

saluuuut......emaknya pun kalah yang cmn mampu menyelesaikan 7 hari di ramadhan ini (si kecil di dalam perut yang protes kekurangan asupan saat bundanya puasa) 

saluuuut.....dengan kesungguhan hanif ketika sudah memutuskan 'hanif mau puasa hari ini'. 

Meski diwarnai dengan godaan adiknya n bundanya yang ga puasa....tapi dia tetep konsisten menyelesaikan puasanya. 

Meski kadang dia bilang, 'bunda hanif boleh maem?'|'boleh' (mengingat yang sebelumnya sempat jatuh sakit, jadi ga tega klo terlalu maksa dia untuk puasa sehari penuh)|'beneran boleh?'|'iya..hanif kan masih 6 tahun, boleh ga puasa.....Rasululloh saja baru memerintahkan anak untuk sholat usia 7 tahun, nanti klo mas hanif udah 7 tahun, puasanya diperbaiki lagi ya...'|'tapi hanif ga mau batal puasanya....'|'kalo gitu berarti gimana?"|'hanif cmn mau maem mainan....ga beneran, hanif mau puasa sampe maghrib', dan dia pun menyelesaikan puasanya. :D

Ramadhan kali ini hanif sendiri yang menentukan jadwal puasanya. Setelah  berbuka puasa, biasanya saya tanya dia, tentang perasaannya hari itu dan tentang rencananya esok hari (masih mau puasa atau tidak). 

Ketika dia sudah memutuskan untuk berpuasa/tidak, biasanya waktu makan sahur saya akan tetap membangunkan dia, untuk memastikan ada/tidak perubahan rencananya. Namun biasanya jika dia sudah memutuskan untuk tidak puasa hari itu maka dia akan konsisten dengan memilih tetap tidur dan minta dibangunkan ketika adzan subuh, atau ikut makan sahur tapi tidak berpuasa. :)

begitupun juga ketika dia memutuskan untuk berpuasa, dia akan segera bangun untuk makan. meski kadang masih saya suapin.

Dan masya alloh.....anak" ini, meski dia puasa penuh (sampai maghrib), ga ada acara lemes" an, males"an atau tidur"an.....

aktiiiif banget......siang hingga sore, masih niat naik sepeda ato lari" ngejar ayam tetangga yang masuk rumah, maen tanah atau main air.

masih rebutan bantuin uti untuk menyiapkan takjil dan buka bersama untuk jamaah masjid

dan malemnya pun masih kuat ikutin sampai sholat isya jamaah atau terawih (meski hanya 2 rakaat), setelah itu pulang atau tertidur di masjid saat sujud atau selesai salam. Pulangnya digendong akung kondisi dah pules.....

Alhamdulillah,

semoga tahun depan bisa melaksanakan ibadah ramadhan lebih baik (jika masih diberi kesempatan)

aamiin


Comments