Puasa pertama hanif

Dari jauh" hari sebelum ramadhan ini, saya sdh mulai sounding ke hanif (6yo) tentang apa itu ramadhan dan puasa....

Dia excited sekali, dan berencana untuk puasa....

Namun qadarulloh, 2 hari sebelum ramadhan, badannya anget....mw flu sepertinya...

Namun dimalam hari sebelum ramadhan, dia masih semangat menjalankan sholat isya + taraweh...

Ketika pulang, hanif tanya...
'Bunda kok tadi sholatnya banyak men..'

Ah....ini yg lupa saya jelaskan...

Akhirnya baru malam itu saya jelaskan. Saya tanya bgmn perasaanya....

'Capek bunda...sholatnya lama sekali...'

Tapi....bravo....dia mau menyelesaikan 8rakaat sholat taraweh + 3 rakaat witir dg baik...

Sebelum tidur saya tanya dia,
'Insya alloh besuk sudah mulai ramadhan nak, bunda abi dan semua nya insya Alloh besuk mulai puasa, mas hanif mau ikut puasa?'

'Badan hanif masih sakit bunda, hanif ga ikut puasa ya besuk...'

'Ok...gpp'

'Tapi besuk dan besuknya lg Hanif puasa bunda...'

'Insya Alloh', sambil saya cium keningnya

Ga lama pun dia tidur..


Paginya saat makan sahur, Hanif terbangun....diikutin adiknya.

Saya tawarkan, meski ga puasa ga apa" latihan buat makan sahur...

Akhirnya diapun ikutan makan sahur. Si adek pun ga mw ketinggalan buat ikutan makan sahur. Tapi ketika ditanya mau puasa ato ga, dia jawab...'ga puasa, dzakii masih kecil' :D

Ketika makan Hanif bilang,
'Hanif mau puasa bunda...'

Ok di coba ya...

Sekitar setengah 10 dia bilang, hanif lapar bunda...

Begitu nak, orang puasa....
Saya jelaskan lagi tentang hikmah puasa dan kenapa Alloh memerintahkan hambanya untuk puasa...

Diapun lupa akan laparnya

Jam 13.30
Abis maen dia bilang...
'Bundaa...hanif hauuusss' dengan suara lirih
Saya peluk dia, saya bilang ke hanif,
'Mas....mas hanif sdh puasa 9jam, 4 jam lg waktu berbuka....sayang klo batal sekarang. Sudah dapat 2/3 ini....'

'Wah....banyak men...' *eh sudah paham konsep pecahan ya tyt...

Kemudian lagi" menjelaskan ttg apa itu sabar, bgmn orang" yang tidak punya menahan lapar, dan keutamaan puasa...

Alhamdulillah printable ini sangat membantu sekali buat menjelaskan ke anak ttg puasa. Jazakillah mbak eki yg sidah mau berbagi.

Sejam berlalu....
'Naah tu...udah setengah tiga, sdh tinggal 3 jam lagi....'

'Cepet men...ga kerasa ya...', kata Hanif

Hingga jam 16.40, hanif bilang...

'Bundaa...Hanif haus sekali...'

'Sabar ya nak....tinggal 40 menit lagi...'

'Tinggal dikit ya...'

'Iya...'

'Hanif mw ambil minum sambil nungguin waktu berbuka'

Dia ambil botol minumnya, diisi air sambil duduk di bawah jam.

Masya alloh....asli ga tega sbenernya...

Ga lama Hanif bilang,
'Bunda hauuuus...'
'Bentar lg nak...dikiiiit lg.....eh inget ga keutamaan orang berpuasa...jika dia berdoa bgmn?

'Doanya dikabulkan Alloh....'

'Naah...yuk berdoa sama Alloh..'

'Doa apa bunda?'

'Ya...alloh cepatkanlah waktu berbuka'

Suami lgsg ketawa dengernya

aslinya dipikiran saya waktu maghrib 17.30 pas, eh....beberapa detik stlh sh bilang itu tyt lgsg ke denger adzan

Asli ga tau klo adzannya 17.20an...

Alhamdulillah...
Doa orang berpuasa memang di dengar Alloh

Masya Alloh...

Well done nak.
Barokalloh....

Hanif langsung lari ke meja makan, minum sampe habis air yang sudah disiapinnya...

Catatan hari ini:
- karena sdh terlalu byk minum air putih, perut hanif kepenuhan pas sholat maghrib hampir muntah kata dia. Setelah sholatpun akhirnya muntah beneran...
- kekenyangan air putih, kolak, sepotong roti, jadi blm bisa makan nasi sampe waktu sholat isya tiba
- ikut sholat isya + traweh....pas mau sholat witir dia bilang ke abinya, 'abi hanif capek'...dan diapun tertidur

Comments