aliran rasa_menemukan gaya belajar#11

hari ke 11

beberapa hari tidak post tentang gaya belajar anak - anak
sebenarnya karena saya bingung apa lagi yang mau ditulis...
anak - anak tetap seperti itu gaya belajarnya
dan masya alloh mereka tidak pernah berhenti bergerak dan belajar

pada game ini, tantangan memahami gaya belajar anak merupakan proses belajar buat org tua untuk mengenali gaya belajar anaknya...

ada beberapa tahapan belajar yang saya lalui disini,

Learn
Ketika kita mencari tau bgmn gaya belajar anak...apa yg mbuat anak berbinar" untuk belajar dan apa saja yg dipelajarinya

Unlearn
Ketika kita menyadari bahwa metode pembelajaran yg kita terapkan ke anak tyt tidak sesuai dg gaya belajar anak. Anak tdk antusias, cpt bosan atau malah tdk tertarik sm sekali...
Maka ya sudah di stop saja metodenya

Relearn
Kembali menggali apa saja yg mbuat anak antusias...

Sedikit curhat salah satu proses learn-unlearn-relearn dr saya

Hari ini sy nemu cara yg cukup efektif ttg gaya belajar anak saya (hanif, 6yo) yg cenderung visual auditory

Selama ini membuat worksheet untuk dia belajar membaca/menulis

Tyt ini membuat dia gampang bosan atau malah tidak mau sama sekali menyentuh worksheetnya... Maka ya sudah saya stop saja...karena ini buang" energi buat saya...
Susah" bikin ga kepake...
Ibunya setress anaknya ttp ga bisa

Karena tipikalnya visual...sy coba hal yg membuat matanya senang....

Hari ini sy menggunakan wayang baca untuk mengajaknya belajar membaca...
Lampu dimatikan diganti pk senter
Alhamdulillah anaknya antusias bgt...
Dia bilang 'hanif suka belajar membaca kaya gini...'
Dan lumayan mmg progressnya mnurut saya

Bismillah besuk dicoba lagi buat nambah kosakatanya
segera upgrade dan update metodenya ketika anak mulai jenuh :)

Comments