Mengenali gaya belajar anak#2

Sebelum tidur kemaren, hanif menetapkan hari jumat ini adalah hari liburnya....
Libur dari????
Hahaha
Mungkin karena beberapa kali dia melihat kakak sepupunya libur sekolah. Jadi dia ingin hari libur juga.

Oke hari jumat hari yang baik untuk libur dari segala rutinitas. Maka sayapun membebaskan dia bereksplorasi dengan dunianya....

Eh tanpa dinyana tanpa diduga, meski ini hari liburnya dia tetap menjalankan rutinitas belajarnya
- belajar mengoperasikan mesin jahit,memasukkan benang ke jarum
- dia langsung menyelesaikan worksheet nya yang belum terselesaikan hari sebelumnya secara mandiri dan melaporkan hasilnya kepada saya
- membantu akungnya untuk mengepel rumah yang kemudian di bantu dzakii
- mandi pagi (saya mengkhususkan anak" untuk mandi pagi di hari jumat dan mengatakan kepada mereka bahwa ini adalah bagian dari sunnah rasululloh) dan mengikuti sholat jumat hingga selesai
- membantu adiknya untuk thoharoh
- membantu saya memasak
- membantu mencuci piring

Hmmmm pelajaran harian hanif sebenarnya memang masih lebih saya tekankan pada life skill nya dari pada kemampuan akademisnya.

Dari pengamatan saya - karena memang topiknya adalah life skill - maka gaya belajar yang dia gunakan adalah visual kinetik - alias melihat dan meniru.

Begitu pula untuk adiknya, yang tak mau kalah dengan aktivitas kakaknya dengan gaya belajar yang kurang lebih sama : melihat - meniru:)

Keterangan gambar
Hanif : mengoperasikan mesin jahit dan memasukkan benang ke jarum
Dzakii : mengelompokkan warna cam 

Keterangan gambar:
Mengepel lantai

Comments