Menemukan gaya belajar anak#1

#Tantangan ke 4 #kelas bunda sayang kali ini adalah mengenali gaya belajar anak.

Kenapa harus mengenali gaya belajar anak?

Dengan mengenali gaya belajarnya insya Alloh kita bisa mengetahui upaya apa untuk yang diperlukan untuk mendukung dan meningkatkan rasa keingintahuan anak, meningkatkan daya kreasi dan imajinasi, mengasah seni dan menumbuhkan semangat anak untuk menemukan sesuatu, serta menumbuhkan akhlak mulia.

Bismillah semoga istiqomah dalam melakukan pengamatan gaya belajar anak ini.

Pengamatan hari #1
1. Hanif (6th)
Alhamdulillah hari ini mas hanif mau menyentuh dan mulai mengerjakan worksheetnya. Karena isinya (gambarnya) sesuai dengan apa yang dia suka...
Walau ternyata setelah ia kerjakan beberapa saat kemudian dia mulai enggan meneruskan, karena format isiannya tak sesuai dengan yang dia harapkan...(visual learner)

Sebelum magrib mas hanif bilang k saya, 'bunda nanti belajar al Quran lagi ya..'

Alhamdulillah hari ini kholas dia mendengarkan saya membaca al quran Surat Yusuf seperti permintaannya. Karena ini kisah yang popular bagi anak" maka pada akhirnya saya lebih banyak membacakan terjemahannya saja. 

Daaan di akhir Surat dia masih meminta saya untuk membacakannya lagi (kisah yang lain)....haha. Auditory learner nya lagi aktif ini...

2. Dzakii (3th)


Bangun tidur minta di printkan gambar rocket untuk diwarnai. kabetulan ditepian gambar yang dia pilih ada deretan kolom warna. Kemudian dia bertanya, tentang deret warna itu...
Saya yang ga ngeh, di dalam fikiran saya itu kan cmn screen short dari aplikasi yang di pake pengunggah gambar. Jadi saya bilang seadanya..
Eh tapi ternyata yang difikir dzakii berbeda...dia menganggap itu worksheet seperti pernah dia kerjakan. Dia minta gunting, kemudian memotong kecil - kecil semua warna yang ada ditepi kertas itu...
Dan whooola...dia menempelkan potongan warna itu untuk mewarnai gambarnya...
Hahaha
Ah....foto dulu lah nak hasilnya...

Dari kegiatan hari ini, yang terlihat dari gaya belajar dzakii adalah visual kinestik.

Alhamdulillah, selesai menuliskan #tantangan ke 4 #hari1 #kuliahbunsayIIP ini..


Comments