Sounding

tantangan 10 hari



komunikasi produktif


1 February 2017 _ hari ke #9

Selepas magrib, salah seorang jamaah menawarkan permen k dzakii (3yo)...
Spontan dia pun menjawab, ga mau
Dan ketika ditanya kenapa, dia bilang nanti batuk, giginya bolong...

Alhamdulillah....meski tanpa saya pun mereka dapat menolak pemberian orang dan tidak berbohong. Terkadang saya sedih ketika melihat ada anak" yang menolak pemberian orang lain hanya takut karena ada bunda, atau menerimanya kemudian disembunyikannya di depan bunda....

Saya memang sering menjelaskan alasan kepada mereka kenapa saya tidak mengijinkannya makan permen...
Bercerita tentang masa kecil ketika saya batuk setelah makan permen, dan menanyakan ke pada mereka bagaimana rasanya jika sedang batuk (meski bukan karena makan permen, karena saya tidak pernah memberikan permen kepada mereka) atau bercerita tentang beberapa gigi saya yang teraksa dicabut karena lubang....dan memberi gambaran bagaimana sakit Gigi dan mengajaknya ke rumah sakit ketika akan cabut Gigi dan bagaimana prosesnya...

Biasanya di akhir cerita saya tambahkan pada mereka agar mau rajin" sikat gigi...trutama setelah makan makanan yang manis...

Alhamdulillah..setelah makan yang ada coklatnya atau es krim mereka biasanya berebut untuk sikat gigi...


#hari9
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments