Talk before sleep


Tantangan 10 hari


Komunikasi Produktif


25 Januari 2017 #hari_2


hari kedua challenge membuat family forum ala keluarga kami....


Kalau kemarin bisa sekasur berempat...
Karena hari ini abi sudah merantau lagi...maka ngobrol nya hanya bertiga bareng anak..

Bisa dikatakan ini adalah daily activities kami sebelum tidur. Meski terkadang karena kondisi tertentu, kami juga tidak melakukannya sama sekali. Obrolan hari ini dimulai dari membacakan buku cerita pilihan anak hingga mendengarkan/menjawab pertanyaan mereka...

Buku terpilih hari ini fiqih 4 kids (sholat berjamaah dan tayamum yang kemudian disertai praktek bertayamum), serta kisah sahabat dijamin masuk syurga (Abu Ubaidah bin Jarrah, Umar bin khatab) yang kemudian dilanjut dengan menjawab seputar pertanyaan hanif tentang beberapa orang pada jaman rasululloh yang pada awalnya menentang Islam kemudian mereka berjuang untuk Islam.

Sesekali dzakii (3yo) merajuk minta nonton film kartun kesukaannya (ini biasanya sikap pengalihannya, bisa karena bosan dengan aktivitasnya atau karena mengantuk). Untuk kali ini alasan kedua lebih tepat, karena memang sudah masuk jam tidurnya. Anak" terbiasa untuk tidur malam jam 6-7, hanya sesekali waktu mereka tidur diluar jam itu...

Saat merajuk, saya mengatakan kepadanya,
'Tadi kan adek sudah nonton....'
'Belum...dzakii maunya nonton sekarang' *jawaban ngeles
'Boleh nonton....nonton bunda sama mas hanif cerita ya....' :)

Tak lama kemudian diapun minta dipeluk dan tidur, kemudian saya lanjutkan cerita dengan kakaknya hingga ia pun tidur.

Jika dalam kondisi memungkinkan (anak" dalam kondisi bisa diajak ngobrol santai), biasanya saya berikan penjelasan kepada mereka, kenapa saya memberikan batasan waktu bagi mereka untuk nonton.

Si kakak, hanif (6yo), lebih bisa menerima beberapa alasan yang saya sampaikan. Dia juga sudah bisa menepati komitment yang kami buat. Jadi ketika 'jatah' nya sudah habis atau 'kewajiban' nya belum terpenuhi, dia tidak akan meminta haknya.

Beberapa komitment yang kami buat untuk hak mereka nonton kartun;
- nonton dilakukan setelah mereka melakukan aktivitas fisik (bermain, bersepeda, dll) ataupun belajar (menulis, menggambar, mewarna, dll)
- nonton dilakukan setelah mereka selesai merapikan mainannya
- jatah nonton 1film 1 anak (durasi <20 menit), setelah selesai nonton kemudian mereka menceritakan kembali cerita dari film yang mereka lihat.
Terkadang alur ceritanya atau bahasanya masih acak adut, bagi saya disini proses mereka untuk belajar memahami dan menyampaikan cerita.
Terkadang pula mereka tidak paham dengan apa yang sudah dilihat (untuk beberapa film sirah nabi misalnya, atau film yang berbahasa asing), disini peran saya untuk menjelaskan, mengulang lagi ceritanya.

Manfaat yang didapat;
- melatih diri sendiri dan anak untuk berkomitmen
- melatih diri untuk mau belajar bersabar dan mau mendengarkan
- mengkayakan bahasa anak
- menanamkan nilai - nilai kebenaran sesuai dengan norma keluarga

#hari2
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments