Menerima Aliran Rasa

Tantangan 10 hari


Komunikasi Produktif


24 Januari 2017
#hari_1 

Memasuki kelas bunda sayang IIP...
Klo dulu dapat Nice Home Work di kelas matrikulasi.... Sekarang modelnya berubah dari home work (tugas rumah) menjadi tantangan (challenge ala game), setiap materi dapat 1 challenge yang dikerjakan hingga beberapa waktu.

Challenge pertama dari materi pertama tentang komunikasi produktif ini adalah family forum

Hmmmm.... Saya bukan typical yang 'on the pattern', family forum bagi saya adalah kesempatan ngobrol bareng anak ato suami yang bisa dilakukan bareng" ato hanya beberapa orang saja. Mengingat suami yang kerja di luar kota dan anak - anak adalah anak - anak pada umumnya, yang masih asyik dengan dunianya....

My Family Forum


Family forum hari ini dimulai dari menyambut bangun tidur pagi anak"....

Ketika abinya pulang dari masjid dan akan bersiap untuk berangkat ke Surabaya, si kecil dzakii (3yo) nempel minta gendong ke abinya. Kemudian ditanya dianya, 'abi boleh kerja k Surabaya?' 'Nggak' jawabnya sambil merekatkan pelukannya.
Ketika ditanya dengan pertanyaan yang sama kakaknya pun menjawab hal yang sama.

Ah..mereka masih merindu rupanya setelah 10 hari tidak bertemu dengan abinya. Hingga agak siang akhirnya mereka mengijinkan abinya untuk berangkat ke Surabaya.

Bagi saya, ini bagian dari Family forum, karena disini kami belajar untuk mau mendengarkan 'aliran rasa' dari anggota keluarga. Termasuk diwaktu ini, ketika anak tidak mengijinkan ayahnya untuk pergi dan selama ayahnya memiliki kesempatan untuk bisa memenuhi keinginan mereka....ayahnya mau menurutinya. Alhamdulillah abinya memiliki pekerjaan yang cukup flexible (dalam kondisi tertentu bisa dikerjakan di rumah)

Family forum selanjutnya, kami lakukan secara spontan juga,

Saya memberikan beberapa opsi aktivitas anak, yang kemudian mereka memilih untuk main tanah. Selagi anak main, kesempatan saya dan suami untuk ngobrol berdua membahas tentang perkembangan anak.

15 menit sebelum pukul 16.00 abinya meminta anak" untuk mandi jam 16.00



16.00

Awalnya sih hanif sudah mau beranjak dari lokasi main dan membereskan mainannya....namun melihat adiknya, dzakii malah lari" muterin pohon...dia pun memilih ngikutin adiknya....

Ga lama berselang....
hanif menangis sambil membawa sepotong kreweng (pecahan genteng). 
Dia mengaduh karena kakinya terluka saat kesandung kreweng...

Luka kecil di kaki, tapi besar di hati jika tak mendapatkan empati

Ilmu dari kelas bunda sayang ini musti diterapin, 'terima dulu aliran rasanya'.  Awalnya tambah melow siiiih....tapi ga berselang lama dan dia lebih mudah untuk mau kompromi.

Hari" biasa saya memintanya untuk mandi sendiri. Tapi karena ada 'special moment'...
oke saya memandikan. 
Awalnya ketakutan seperti akan suaaakiiit....
Tapi saat saya menyiram lukanya pelan" dan hati hati seperti permintaanya....akhirnya dia bilang, 'lukanya sembuhnya cepat, sudah ga sakit lagi'

Alhamdulillah....drama melow nya berakhir bahagia

Family forum hari ini diakhiri dengan tidur sekasur berempat. Meski yang kami lakukan aktivitas yang berbeda..... Abi murojaah dengan mas hanif dan saya membacakan cerita untuk dzakii. Alhamdulillah ini sangat berarti bagi kami.

Kebersamaan...
Kesempatan yang tidak kami miliki setiap saat, namun menjadi moment yang selalu kami tunggu untuk dapat bersama lagi....

Setelah anak" tertidur abinya harus kembali membayar waktunya untuk kerja kembali


Hal menarik yang kam dapatkan pada family forum hari ini adalah:
- belajar menerima aliran rasa
- memberikan kesempatan untuk melakukan apa yang dia inginkan


#hari1
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Comments