my social venture (harapan)

prolog

Memasuki minggu terakhir klas matrikulasi IIP batch #2. Alhamdulillah didalam kelas ini kami mendapatkan materi demi materi yang bukan hanya ‘ to know’ tetapi juga ‘to do’. Disini kita tidak hanya dituntut untuk belajar namun juga mengamalkan. Dengan prinsip mau “Berubah” atau “Kalah”.
Berubah (menyibukkan diri) untuk memperbaiki diri sendiri atau kalah dengan tuntutan kebaikan.

Disini peserta matrikulasi mendapatkan materi yang sama (mulai dari materi adab menuntut ilmu hingga ibu sebagai agen perubahan), namun setiap orang akan mengaplikasikannya secara berbeda...

Karena disini kita dibimbing untuk mengenali dan menggali potensi diri, menyesuaikan penerapan ilmu sesuai dengan fitrah (karakter, bakat dan potensi) kita masing - masing. Kita dibimbing untuk mengetahui dan menjadi seorang perempuan mampu memantaskan diri sehingga bisa menjadi seorang istri dan ibu profesional bagi keluarganya dan wanita yang mampu menjadi membawa perubahan (kebaikan) dalam masyarakat.
Nah pada NHW terakhir ini kita dibimbing untuk ber ide - membuat social venture yang sesuai dengan misi unik masing – masing dari kita. 

generating idea about my sosial venture


Sosial venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.
Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Disini kami diajak membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Dengan ini kita akan berusaha untuk membantu menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana, melihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita. 

Adapun berikut adalah social venture saya:

Demikian  ide sosial venture saya. Semoga dengan menuliskan ide (cita - cita) saya akan lebih fokus dan terarah dalam mencapai misi spesifik saya  (start from the finish line). 
Semoga apa - apa yang saya rencanakan dan usahakan, dapat bernilai jannah disisi Alloh SWT. aamiin 
amiiin…

Comments