mencari kemuliaan

Alhamdulillah sudah memasuki minggu ke 7 di kelas matrikulasi IIP batch#2


Minggu ini kita belajar mengenai “Rejeki itu pasti, kemuliaan harus dicari”. Dalam Al-Quran (Surat Huud : 6), Alloh berfirman;


Dan tidak ada suatu binatang melata[709] pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezkinya, dan Dia mengetahui tempat berdiam binatang itu dan tempat penyimpanannya[710]. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh).
[709]. Yang dimaksud binatang melata di sini ialah segenap makhluk Allah yang bernyawa.
[710]. Menurut sebagian ahli tafsir yang dimaksud dengan tempat berdiam di sini ialah dunia dan tempat penyimpanan ialah akhirat. Dan menurut sebagian ahli tafsir yang lain maksud tempat berdiam ialah tulang sulbi dan tempat penyimpanan ialah rahim

Jika seekor kadal atau cicak saja telah dijamin Alloh rezekinya, apalagi manusia??

Jadi saya setuju bahwa rezki itu pasti, karena Alloh sendirilah yang telah menjaminnya. Sedangkan kemuliaan disini, saya artikan bahwa apa – apa yang kita usahakan haruslah membawa pahala, kemuliaan kita disisi Alloh. Ridhokah Alloh dengan apa – apa yang sedang kita usahakan? Jangan sampai hanya karena mencari sesuap nasi, Alloh murka pada kita J

Kemuliaan dapat digapai dengan menjadikan segala aktivitas yang kita lakukan menjadi aktivitas produktif (produktif mendatangkan pahala dari Alloh, karena apa - apa yang kita lakukan tidak menentang syariat-Nya). Tentang bagaimana syariat Alloh terhadap wanita, sudah banyak diulas pada blog yang lain dan saya tidak akan bahas disini, karena tulisan saya pun akan menjadi terlalu panjang nantinya. hehe

'Menuju bunda produktif"_NHW#7


Nah untuk bisa berproduktif mencapai kemuliaan diri ini, tentu kita harus mengenali diri dengan lebih baik lagi. Setelah pada sesi sebelumnya kita belajar menemukan ‘apa sih tujuan kita’, ‘apa sih yang kita cari?’ kemudian kita juga dipandu step- by step untuk dapat mencapai tujuan kita tersebut. Maka untuk memantapkan ilmu yang kita pelajari pada minggu ini, kita diberikan pe-er untuk mengenali diri lebih baik lagi sehingga bisa memasuki ranah produktif dengan bahagia.... 


Kali ini metode yang digunakan untuk mengenali diri dilakukan dengan menggunakan tools-nya Abah Rama di talents mapping (www.temubakat.com) dan melalui statement pada kuadran aktivitas yang menggambarkan aktivitas apa saja yang kita suka dan bisa hingga aktivitas yang kita tidak suka dan tidak bisa.

Talents Mapping Result

Saya beberapa kali melakukan uji talents mapping-nya Abah rama ini, mulai dari yang gratisan hingga berbayar. Namun hasilnya selalu saja berbeda. dari analisa yang saya lakukan, ada beberapa hal yang membuat hasilnya berbeda;
1. Mungkin karena saya typical orang yang ga pedean - bahkan hanya untuk mengisi kuisioner. Saya sering ngrasa ‘saya ga bisa ini’ – meski untuk sesuatu yang sering saya lakukan hanya karena saya pernah gagal satu atau dua kali saya menganggap saya ga bisa (kegagalan ini yang biasanya terpatri).
2. saya orangnya suka menebak kata - kata, maksud dari kata - kata ini apa ya? sehingga tidak fokus pada pertanyaan atau malah tidak paham makna kata sebenarnya
3. saya tipical 'moody'-an, jika mengerjakan sesuatu pada kondisi mood yang buruk tentu hasilnya akan berbeda dengan bila kita mengerjakan dalam kondisi hati yang bahagia, tanpa diburu - buru waktu dan sebagainya. Seperti saat saya sedang menulis NHW ini. anak - anak lagi diajak akungnya jalan - jalan, mata tidak ngantuk perut kenyang, meski rumah sedikit berantakan tapi secara keseluruhan it's better :)

  
Berikut hasil mapping talent berbayar


Tapi dari hasil test diatas, meski ada beberapa yang saya rasa benar.....tapi juga ada yang ngrasa kurang (mungkin efek dari kurang pede saya dan terburu – buru serta tidak fokus pada saat tes). Untuk urutan bakat, dari hasil tes saya itu orangnya (7 bakat teratas), strategic, consistency, conectedness, command, achiver, developer dan arranger. sedangkan dari hasil personal branding – nya , saya termasuk typical arranger, commander, strategist, synthesizer dan distributor). 



Saya ngrasa saya emang commander (suka perintah) tapi ga terlalu juga, arranger (mungkin seringnya lebih ke mikir seharusnya seperti ini, tapi kenyataannya saya sering ‘ya wes lah’), strategist (saya termasuk orang yang suka mikir bagaimana seharusnya, step – step apa yang musti saya lakukan jika ada masalah seperti ini dan kondisi ternyata seperti ini). Untuk synthesizer dan distributor saya belum menemukan contoh konkretnya dalam diri saya. He he


Berikut hasil mapping talent dari yang gratisan, yang menurut saya paling pas dengan saya (hasil terakhir setelah saya melakukan test pada tools ini untuk yang kesekian kalinya)




Hasilnya beda sekali ya dengan yang berbayar.....heheh

Tapi hasil yang trakhir ini lebih mencerminkan saya jika dibandingkan dengan hasil uji sebelumnya dan dari penghayatan kuadran aktivitas yang saya buat.


Kuadran Aktivitas


Berikut hasil kuadran aktivitas yang saya susun;


Demikian hasil penghayatan diri saya terhadap hal - hal apa yang saya sukai dan saya bisa serta hasil mapping talents yang saya sesuaikan dengan apa yang sebenarnya saya rasakan :)


Semoga dengan mengenal diri saya lebih baik saya bisa lebih produktif dan menjalankan produktivitas saya lebih bahagia. karena bisa berkarya dari rumah, berkarya namun tak abai dengan kewajiban sebagai seorang muslimah :)

Comments