my spesial curiculum


Alhamdulillah semakin semangat mengikuti klas matrikulasi IIP batch #2 yang saat ini sudah memasuki sesi #4. Kenapa semakin semangat? Karena perlahan namun pasti kita paham kemana langkah kaki ini harus diayunkan, untuk apa, meski ragu berhasil ato tidak, 'it's too worthy to pass'.

karena jujur kadang ngrasa 'having dreams' itu bukan saya banget
kadang saya takut bermimpi, karena saya tidak ingin kecewa. Disini saya tidak hanya diajak bermimpi, tapi saya diajak bersungguh – sungguh bermimpi dan menggapai impian itu

here is my dream....

di NHW#4 kita belajar untuk mendidik (anak sesuai) dengan fitrah (nya). bagaimana caranya? Caranya dengan membuat kurikulum yang spesifik untuk kita pribadi. Kenapa? Because we are so special, limited edition. Setiap orang memiliki keunikan, kebutuhan dan keadaan yang berbeda – beda, sehingga menyeragamkan kurikulum sama dengan membunuh keinginan dan mengkerdilkan karakter.




There is step to make my spesial curiculum
1.    Melihat NHW#1, apakah ada yang ingin diubah?
Pada NHW#1 saya menuliskan ilmu yang ingin saya pelajari adalah....
 
Dibaca lagi...direnungkan lagi...
Untuk menjahit, lebih tepatnya bukan ilmunya ya mungkin klo sekarang, tapi memperdalam keterampilannya. Jadi disini ilmu yang ingin saya pelajari adalah ilmu kerumahtanggaan untuk bisa menjadi ibu yang rahmatan lil alamin dan ilmu tentang pengelolaan sampah menjadi energi alternatif

2.    Mari kita lihat Nice Homework #2, sudahkah kita belajar konsisten untuk mengisi checklist harian kita?
Alhamdulillah, selalu belajar untuk konsisten menjalankan dan mengevaluasi motivasi dalam melaksanakan kegiatan yang sudah direncanakan (sekedar melaksanakan atau sudah bisa menjadikan kegiatan tersebut menjadi sebuah kebutuhan)

3.    Membaca dan merenungkan kembali Nice Homework #3, apakah sudah terbayang apa kira-kira maksud Allah menciptakan saya di muka bumi ini?
Dari perenungan yang saya lakukan, ada beberapa kegiatan yang membuat saya berbinar - binar;
o   Melihat orang menemukan 'track' hidupnya à mendengarkan cerita, memahami akar masalahnya, kemudian mensupport menemukan solusinya
o   Menjahit à setelah saya rasakan kembali sebenarnya yang memotivasi saya untuk mau belajar menjahit adalah saya ingin menunjukkan menjadi ibu rumahan juga bisa berkarya. Dan yang saya inginkan karya yang saya buat bernilai pahala, disini saya memutuskan untuk memilih membuat baju - baju yang syar'i.
o   Menggambar à dengan menggambar, saya dapat mengekspresikan rasa, membuang kejenuhan dengan melihat indahnya warna sehingga bisa memotivasi diri sendiri untuk terus berkarya, dengan menggambar saya juga bisa mengajak anak - anak untuk mengenal warna, melatih motorik halusnya dan mengembangkan imajinasinya

Dari perenungan diatas, misi hidup yang akan saya jalani adalah menjadi ibu yang mampu menjadi rahmat bagi keluarga dan lingkungannya.

peran yang akan saya tekuni adalah sebagai fasilitator, mentor (educator), motivator, ilustrator, dan dress maker.

Bidang yang ditekuni;
Education, Ilustrator book for children, shar’ie dress maker

4.   Setelah menemukan 3 hal tersebut, maka ilmu-ilmu yang saya perlukan untuk menjalankan misi hidup tersebut antara lain;
-   Ilmu- ilmu pengembangan potensi diri sebagai muslim
è Al Qur’an, buku Muslim Hebat karya Abu Umar Abdilah, Minhajul Qasidin, dll
-   Ilmu – ilmu seputar pengasuhan anak
è Buku bunda sayang, Rumah Main Anak, Fitrah Based Education,
-   ilmu komunikasi produktif dengan anak dan suami
-   Ilmu-ilmu seputar manajemen pengelolaan diri dan rumah tangga
è Buku bunda cekatan
-   Ilmu-ilmu seputar minat dan bakat, kemandirian finansial dll.
è Buku Bunda produktif
-   Ilmu tentang berbagi manfaat kepada banyak orang
è Buku Bunda Saleha, ilmu public speaking, ilmu networking (Comunity based education)



5.   Menetapkan Milestone untuk memandu setiap perjalanan anda menjalankan Misi Hidup
Tahapan
Km 0 – 1
Pantaskan diri
KM 1 – 2
Tuntaskan ranah domestik
KM 2 – 3
Mandiri finansial
KM 3 – 4
Berbagi manfaat
Deskripsi
Target
Menjadi ibu yang mampu berperan sebagai madrasatul ula bagi anak - anak
Menjadi ibu yang mengenal karakter anak, mengenal bakat dan potensinya serta mampu mem-‘fasilitasi’ anak di setiap tahap perkembangannya

Memenuhi kebutuhan minimal keluarga dan meminimalkan post – post pengeluaran
Mampu berperan dan memberikan manfaat dalam masyarakat
Personal
o Memantaskan diri untuk anak – anak dan suami
o Bekali diri dengan ilmu agama, ilmu tentang komunikasi produktif dan ilmu seputar pengasuhan anak
o Perbanyak muhasabah dan segera perbaiki diri
Rencana kegiatan
Berkarya untuk anak dan keluarga
- Book ilustrator
Membuat buku sebagai bahan ajar dan belajar anak yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan anak
Tema buku:
Sirah nabi berdasarkan Al quran dan hadist
Asbabun nuzul ayat
Al Quran dan alam
Buku rujukan:
Al Quran, Iman’s homeschool
Having brand for my product:
-  Dress : Stylish and shar’ie for kid’s
-  Book : cerdas dengan quran
-  Mengebangkan bakat yang masih berkaitan dengan drawing dan sewing
Fokus memberikan manfaat bagi sekitar dengan ilmu dan pengalaman yang dimiliki. Perlu belajar lagi tentang public speaking, networking dan marketing
- Dress maker:
- Membuat baju yg syar’ie untuk diri sendiri anak dan suami.
- Target = done 3000 jam terbang. Saat ini sudah sekitar 2000an

Dengan suami
Kelola sampah mulai dari pisah, pilah dan manfaatkan sebagaimana fungsinya
Manfaatkan sampah sebagai energi alternatif

- optimalkan organic fishery-nya
- optimalkan kebun dengan tanaman produktif
- Independent green konsultant for civil and enviromental engineer
Organic fishery, tanaman produktif & rumah bambu.
Indikator kesuksesan
-   Anak nyaman dididik oleh ibu
-   Suami senang dan mau terlibat dalam pendidikan anak
-   Anak mandiri sesuai dengan usianya
-  Pemahaman anak tentang ilmu bertambah
-  Kecintaan anak terhadap Alloh dan rasulnya meningkat
-  Anak memahami arti proses
Mandiri secara finansial tanpa tinggalkan anak dan keluarga
Bahagia dan merasa bermanfaat untuk masyarakat dan lingkungan sekitar
pencapaian
Done
inprogress
Mulai terlihat ‘jalan’-nya


6.   Koreksi kembali checklist anda di NHW#2, apakah sudah anda masukkan waktu-waktu untuk mempelajari ilmu-ilmu tersebut di atas. Kalau belum segera ubah dan cantumkan.
Yup. Sudah ada perlu komitmen dalam durasi waktu pelaksanaannya
7.   Lakukan, lakukan, lakukan, lakukan

Bismillah....dreams come true

Comments