#tantangan 10 hari ke dua
#Level2
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
#KuliahBunSayIIP
#MelatihKemandirian
Bismillah...
Melatih kemandirian anak ini
merupakan project saya secara pribadi dalam beberapa tahun terakhir ini untuk
si sulung Hanif (6tahun) dan dzakii (3 tahun). Namun sebelum melangkah lebih
jauh untuk ngerjain challenge’s kali ini, musti browsing dulu nih, buat nyamain
persepsi kemandirian menurut saya dan kemandirian secara umum. Berikut ciri
kemandirian menurut Yamin & Sabri ((2013:63) anak yang mandiri untuk ukuran
anak usia dini terlihat dengan ciri-ciri:
1.
Dapat
melakukan segala aktifitasnya secara sendiri meskipun tetap dengan pengawasan
orang dewasa.
2.
Dapat
membuat keputusan dan pilihan sesuai dengan pandangan, pandangan itu sendiri
diperolehnya dari melihat perilaku atau perbuatan orang-orang disekitarnya.
3.
Dapat
bersosialisasi dengan orang lain tanpa perlu ditemani orangtua
4.
Dapat
mengontrol emosinya bahkan dapat berempati terhadap orang lain.
Dan secara umum, berdasarkan
hasil browsing yang didapat indikator kemandirian anak usia dini dapat dilihat dari
beberapa hal berikut, antara lain;
1.
Kemampuan
fisik
2.
Percaya diri
3.
Bertanggung
jawab
4.
Disiplin
5.
Pandai
bergaul
6.
Saling
berbagi
7.
Mengendalikan
emosi
Okey...setelah se-frekuensi
antara definisi dan indikator, let’s do the challenge’s
Sebenarnya saya tidak memberikan
target khusus pada anak – anak, saya hanya melihat faktor kemandirian ini penting untuk bekal hidupnya kelak. Alhamdulillah saat ini pencapaiannya hanif menurut saya sudah cukup mandiri untuk anak seusianya,
beberapa point kemandirian hanif yang ada saat ini;
1.
Thoharoh sendiri
(mandi, sikat gigi, cebok mandiri) meski terkadang minta ditemani (di luar
kamar mandi)
2.
Menaruh
pakaian kotornya kedalam bak cucian kotor
3.
Memilih dan
memakai bajunya sendiri
4.
Membereskan
mainannya sendiri (meski terkadang masih harus diingatkan, namun terkadang
secara sadar dia juga mau membereskan mainannya lagi sendiri sebelum tidur)
5.
Menentukan
pelajaran/kegiatan apa yang ingin dia pelajari/lakukan hari ini
6. Bisa mengambil
dan makan/minum sendiri
7.
Mampu
mencuci piring/gelas makannya sendiri (minimal menaruhnya ke tempat cucian)
8.
Melipat
baju/sarung
9.
Merapikan
baju (didalam lemarinya)
10.
Dapat
bersosialisasi, terutama dengan orang – orang yang sering ditemui (menjawab
salam/pertanyaan maupun bertanya)
11.
Dapat
menjadi penengah ketika terjadi pertikaian antar teman/saudara
12.
Mau mengalah
terhadap saudara/temannya (meski terkadang dia harus menangis)
13.
Mau berbagi
mainan/makanan kesukaannya (meskipun untuk saat – saat tertentu dia masih tidak
mau berbagi)
14. Disiplin dengan aturan yang telah disepakati (apabila lupa, dia mau menerima ketika diingatkan). Termasuk mau mengingatkan/menegur orang lain ketika melakukan kesalahan yang serupa
15. Cukup percaya diri atas karyanya dan pilihannya. Mampu memimpin/mengajari teman/saudaranya pada saat kegiatan belajar atau bermain
Sedangkan untuk dzakii...
Beberapa point di atas adakalanya
dia mau melaksanakan secara mandiri 1 - 8, namun seringnya dia masih meminta
bantuan atau minimal ditemani. Meskipun untuk point thoharoh dan makan sendiri
saya tidak bisa melepaskannya secara penuh. Misal untuk mandi dan cebok,
terkadang dengan inisiatifnya dia melakukannya sendiri atau terkadang saya meminta dzakii untuk
mandi cebok sendiri, namun diakhir sesi, saya akan mengulangi prosesnya
memastikan apa yang dilakukannya sudah benar – benar bersih. Sedangkan untuk
makan, saya lebih membebaskan anak – anak untuk kapan jam laparnya (umumnya
anak – anak lapar pada waktunya) dan ketika dzakii sudah terlihat mulai
malas/enggan untuk menghabiskan makanannya, baru saya akan menawarkan diri
untuk menyuapinya memastikan asupan yang masuk sesuai untuk porsinya.
Untuk pengendalian emosi, beberapa minggu terakhir ini terjadi kemajuan yang bisa saya bilang cukup baik pada Dzakii. Dia sudah bisa mengutarakan keinginannya dan bersabar untuk menjelaskan ketika orang lain belum paham maksudnya, mau berbagi dan mengalah, mulai berkurang frekuensi tantrumnya.
Meninjau beberapa point yang saya sampaikan di atas, ada beberapa point yang sebenarnya anak sudah mau dan bisa, namun saya kurang konsisten dalam menerapkan aturan. Maka Untuk pekan pertama bulan ini saya ingin melatihkan konsistensi saya dalam melatih anak
untuk mandiri dalam beberapa hal yang saya anggap saya sering tidak konsisten dalam penerapan aturannya. Dan pekan - pekan selanjutnya akan menyesuaikan tergantung dengan tabel perkembangan pada masing - masing anak - anak.
Comments